Bagaimana cara membuat eksekutif summary yang memikat?

Eksekutif summary
Eksekutif summary

Eksekutif summary dalam perencanaan bisnis menduduki posisi yang sangat penting. Banyak pebisnis pemula bertanya; bagaimana cara membuat eksekutif summary yang benar ? Lalu, bagaimana menjadikannya sebagai alat yang efektif dalam proposal bisnis ? Pernahkah anda berpikir seperti mereka, jika “iya”, teruslah membaca..

Sebelum menjawab itu semua, penting bagi saya untuk sedikit memberi gambaran “apa itu eksekutif summary ?”

Pertama-tama, penting untuk mengetahui bahwa eksekutif summary atau ringkasan eksekutif tidak berfungsi sebagai pengantar atau pengantar rencana bisnis. Ini lebih merupakan penjabaran dari ringkasan eksplisit dari seluruh rencana bisnis.
Seorang pembaca harus bisa membaca dan memahami ringkasan eksekutif  dari rencana bisnis. Hanya dengan membaca ringkasan eksekutif, investor langsung bisa memahami poin dari rencana bisnis Anda.

 

Eksekutif summary yang efektif terdiri dari 2 – 3 halaman yang mencakup semua elemen kunci dari rencana bisnis.   Beberapa informasi penting yang harus tersaji diantaranya:

Mengungkapkan garis besar strategi perusahaan dengan penekanan pada faktor-faktor keberhasilan. Dengan ringkasan eksekutif , Anda memberikan pembaca survei singkat dari tujuan strategis Anda, ide bisnis Anda  dan data kunci yang relevan dengan kesuksesan, misalnya ; pendapatan, laba dan profitabilitas dalam tiga tahun terakhir, serta rencana Anda untuk lima tahun ke depan.

Mempresentasikan kualifikasi kunci dari tim manajemen yang akan menjamin keberhasilan perusahaan. Pastikan bahwa Anda menggambarkan kontribusi tim Anda dalam kesuksesan bisnis dan sebagai pemrakarsa tujuan. Sehingga investor tertarik ikut dalam struktur tim manajemen sesuai dengan kualifikasi mereka.

Mengdeskripsikan secara singkat tentang pasar perusahaan, rumus kesuksesan dan posisi unik di pasar. Anda harus meyakinkan investor bahwa produk Anda dan inovasi yang sedang dan akan dilakukan mempu bersaing secara kompetitif di ceruk pasar bersangkutan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui target pasar Anda, tren, kebutuhan dan preferensi pelanggan Anda serta layanan yang diberikan oleh pesaing Anda.

Memberikan ulasan singkat dari keunggulan kompetitif Anda. Tunjukan secara singkat strategi Anda dalam beroperasi yang sukses di pasar Anda dan bagaimana Anda membedakan diri dari pesaing Anda dan niat yang akan dilakukan di masa depan. Jelaskan strategi operasi Anda ( proses manufaktur, purcasing, logistik dan pemasaran) kepada investor Anda dalam beberapa kalimat.

Mengdeskripsikan secara singkat produk dan layanan. Jelaskan produk-produk dan layanan Anda dengan menyebutkan fitur penting, khususnya proposisi penjualan yang unik. Hal ini juga memungkinkan merujuk pada fitur yang luar biasa dalam pemilihan dan penyusunan portofolio produk Anda. Jelaskan teknologi Anda gunakan, pengembangan produk dan biaya yang produksinya.

Mengdeskripsikan referensi metode komunikasi Anda. Menyebutkan secara singkat tentang metode komunikasi yang Anda gunakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan produk dan posisi produk Anda di pasar yang relevan.

Data keuangan kunci: Di sini Anda harus memberikan wawasan data keuangan yang relevan, misalnya pendapatan tahunan, volume penjualan dan biaya untuk jangka waktu tiga sampai lima tahun.

Deskripsi tentang kebutuhan keuangan Anda. Bagian ini meliputi perkiraan sumber daya keuangan yang diperlukan, penjelasan tentang bagaimana Anda ingin menggunakan ini, dan bagaimana dan kapan Anda akan menjamin pembayaran kepada investor Anda.

Memang, Struktur dan desain dari eksekutif summary yang efektif adalah salah satu tugas paling sulit yang dihadapi manajer ketika menyusun rencana bisnis.

Cobalah terlebih dahulu untuk menunjukkan pembaca tentang tujuan jangka pendek dan jangka panjang perusahaan Anda, atau lebih tepatnya faktor keberhasilan dalam perusahaan Anda. Merumuskan ukuran untuk mencapai tujuan tersebut di perusahaan Anda. Secara ringkas dapat diurutkan sebagai berikut; (1) terlebih dahulu Anda harus menentukan tujuan yaitu keuntungan bagi perusahaan Anda,   kemudian (2) mengkoordinasikan kerja dari tindakan untuk keuntungan Anda. Selanjutnya, (3) Anda harus mempertimbangkan ukuran untuk mencapai manfaat ini.

Refference: 

Schwetje, G. & Vaseghi, S., 2007. The Business Plan, Springer Berlin Heidelberg New York.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *